Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Tingkat Kenaikan Ekonomi Indonesia Tertinggi, Mahasiswa Harus Cerdas

Posted at 24 October 2017 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Dok. Cozer

Memasuki MEA, mahasiswa dituntut untuk makin kritis dan cerdas dalam menentukan masa depan. Salah satunya dengan berinvestasi sejak dini dan membuat perencanaan keuangan. Untuk menambah pemahaman mahasiswa tentang hal ini, Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMASEPA) mengadakan Seminar Nasional Investasi Saham, Jumat (20/10/2017), di Ruang Seminar FISIP. Seminar ini diikuti puluhan mahasiswa baik dari UPN maupun kampus lain.

Salah satu tips cerdas dalam berinvestasi adalah membidik produk yang jelas akan digunakan oleh semua orang. “Unilever adalah perusahaan yang pasti untung. Coba bayangkan berapa banyak masyarakat Indonesia yang mandi di waktu bersamaan? Walaupun negara kita krisis, rakyatnya pasti tetap mandi,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) DIY, Irfan Noor Riza.

Selain itu ditambahkan Irfan, potensi Indonesia sangat besar karena terkena dampak bonus demografi. Pada tahun 2016, tingkat kenaikan ekonomi Indonesia merupakan yang tertinggi. Diperkirankan pada tahun 2020 Indonesia akan menjadi salah satu dari 10 negara ekonomi tertinggi. Pada 2030 akan bisa mengalahkan Jerman dan Mexico. Hal ini disebabkan ekonomi Indonesia merupakan yang paling stabil di Indoensia.

“Jika seluruh uang di dunia dikumpulkan, maka setiap orang bisa dapat 24 Milyar. Tapi kenyataannya, bahkan saat ini hanya 0,2% penduduk Indonesia yang menikmati keuntungan Bursa Efek. Padahal bursa efek kita yang paling menguntungkan di dunia dalam 10 tahun terakhir ini,” tambah Irfan. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya