Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Pendidikan Bela Negara, Apa Pentingnya Sih?

Posted at 12 September 2017 on ARTIKEL by Redaksi
(Photo via Shutterstock - Ferry Mulyana)

Mantan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono pernah bilang pada tahun 2015 lalu, bahwa bela negara tak harus selalu dengan mengangkat senjata. Bela negara juga berarti menggunakan otak, pengetahuan, dan keterampilan untuk memajukan negara, juga memperjuangkan kedaulatan Indonesia di ajang ‘peperangan’ keunggulan di level global, juga tekad untuk memajukan ekonomi Indonesia.

Jadi, kalian bisa mengamalkan bela negara tanpa harus mengangkat senjata dan menggunakan kekerasan, tapi bisa juga dengan mempertahankan nilai-nilai dasar kemanusiaan dan kebudayaan melalui peran kalian sebagai mahasiswa dan akademisi.

Karena alasan itulah, Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara menjadi sangat penting bagi mahasiswa, di antaranya untuk menambah pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme, serta cinta tanah air. Jadi semakin kalian memahami dan mengenal Indonesia, kalian akan semakin cinta kepada Indonesia, dan dari sana lah muncul tekad untuk selalu membela kepentingan dan kedaulatan Indonesia.

Untuk menumbuhkan kesadaran Bela Negara, Kementrian Pertahanan menggelar pelatihan dan pendidikan bela negara, yang juga dijalankan di tingkat sekolah dan perguruan tinggi. Di kampus-kampus, pendidikan bela negata biasanya diberikan oleh dosen mata kuliah Kewarganegaraan, namun bisa juga oleh akademisi lainnya. Materi Bela Negara juga akan masuk dalam materi perkuliahan Kewarganegaraan, yang wajib diambil mahasiswa.

Bimbingan Teknis dan Pelatihan Bela Negara kepada mahasiswa juga dilakukan untuk memastikan adanya kesadaran bela negara, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai Bela Negara bisa menjadi landasan sikap dan perilaku dalam keseharian kalian.

Di kampus UPNVY sendiri, pendidikan Bela Negara akan diterapkan pada masa orientasi mahasiswa baru 14 Agustus mendatang. Selain itu, panitia orientasi juga akan menghadirkan tim instruktur dari Akademi Angkatan Udara, yang akan memberi serangkaian pelatihan meliputi pengembangan karakter, disiplin, wawasan kebangsaan dan bela negara kepada mahasiswa baru UPNVY 2017. Seru banget pastinya!


Sumber : Kompasiana/Ramane Puteri

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya