Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

5 Manfaat Ikut UKM Bagi Mahasiswa Baru

Posted at 23 August 2017 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Foto : Dok. Cozer @vocalistaparadisso

Mengapa MABA Perlu Gabung UKM?

Pendidikan bukan hanya didapat dari bangku kelas dan mendengarkan ajaran dosen saja. Dunia perkuliahan nyatanya sangat luas, rasanya rugi jika dihabiskan dengan diam di dalam kelas saja. Dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), kamu bisa mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, minat, dan bakat. Hal ini penting agar mahasiswa baru tidak hanya jago dalam hal akademik saja tapi juga punya soft skill yang mumpuni.

Berikut 5 manfaat mengikuti UKM bagi mahasiswa baru :

Menambah Skill

Punya skill tapi rasanya belum maksimal? Ingin les tapi mahal? Belajar otodidak bosan? Nah mungkin UKM jawabannya. Dengan bergabung dalam UKM, kamu bisa menyalurkan kebutuhan, potensi, minat, dan bakat yang kamu miliki. Buat kamu yang mungkin belum menemukan passion, ikut UKM juga bisa jadi ajang menemukan potensi tersembunyi. Jangan-jangan kamu yang selama ini suka nyanyi di kamar mandi, cocok masuk UKM paduan suara Vocalista Paradizzo!

Belajar Berorganisasi

Pengalaman berorganisasi menjadi salah satu modal untuk memasuki dunia kerja. Di UKM, kamu bisa merasakan seperti apa dinamika bekerja dalam tim. Biasanya, setiap UKM punya struktur jabatan yang bisa diisi oleh semua anggota. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar bertanggung jawab pada posisi/jabatan tertentu hingga pengalaman mengadakan suatu acara. Buat kamu yang sudah pernah berorganisasi di SMA, mungkin bisa mencoba lanjut di BEM KM UPN. Selain belajar berorganisasi, kamu bisa jadi para panitia penyambut maba tahun depan. Seru ‘kan?

Mempercantik CV

Saat melamar kerja, CV merupakan salah satu syarat utama. Kamu bisa memasukkan pengalaman sebagai pengurus UKM di dalam CV dan menghiasnya semenarik mungkin. Contohnya, pengalaman menjadi Bendahara UKM Seni bisa mendukung kamu saat melamar di bagian keuangan.

Mengisi Waktu Luang

Kamu akan menghabiskan waktu 4 tahun di kampus, nggak bosan belajar dari buku terus? Belajar itu nggak harus dari buku, perlu juga ada keseimbangan dengan kegiatan non akademik. Nah, salah satu cara untuk belajar dengan variasi lain adalah dengan mengikuti UKM. Daripada cuma jadi mahasiswa kupu - kupu,  mending ikut UKM. Kalau kamu ikut UKM MAPALA, kamu bisa nongkrong di basecamp mereka di belakang kampus sambil ngobrolin perencanaan kegiatan mendaki.. Selain kegiatannya positif, kamu juga bisa menggunakan waktu luangmu secara produktif.

Menambah Teman

Sekarang mungkin masih baru, jadi belum terasa. Coba beberapa bulan lagi. Kamu mungkin akan jadi sering mengucapkan A4L: Alah Lo Lagi Lo Lagi. Nah, bergabung di UKM akan memberi kamu kesempatan memiliki banyak teman dari  luar jurusan atau fakultas. Ingat, membangun jaringan di masa kuliah itu penting. Jadi, manfaatkan UKM sebagai wadah untuk memperluas jaringan dan kenalan di masa depan. Dengan banyaknya teman, siapa tahu ada banyak kemudahan di masa mendatang. Kemudahan cari jodoh, misalnya, hehe.

Rasanya sudah jelas bahwa di dunia profesi kamu akan lebih sulit seru-seruan bareng teman. Dengan mengikuti UKM, kamu bisa mendapatkan 5 manfaat di atas dan secara positif akan mengisi kenangan masa kuliah sepenuh-penuhnya. Ingat, masa kuliah cuma datang sekali. Jangan mau rugi! Selagi badan masih sehat dan bisa dipakai lari-lari dari ruang UKM sampai ke kelas, kenapa nggak? Yang penting, pintar-pintarlah bagi waktu,  jangan sampai kesibukan di UKM merusak IPmu. . Jadi, tertarik ikut yang mana?

 

Penulis : Mozart Jamhur & Lucia Yuriko

Editor: Chohen Ovila

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya