Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Syifa (15), Mahasiswa Termuda UPN Pernah Stress Ikut Akselerasi

Posted at 18 August 2017 on ARTIKEL by Redaksi
Syifa saat masa Pengenalan Kehidupan Kampus di UPN (Foto : Tio Patria)

Syifa Fachrinda (15), terlihat malu-malu saat namanya dipanggil untuk maju ke depan sebagai simbolisasi penerimaan mahasiswa baru di Auditorium UPN “Veteran” Yogyakarta, Senin (14/07/2017). Gadis kelahiran Semarang, 14 April 2002 tersebut tidak menyangka dirinya menjadi yang paling muda diantara kawan-kawannya.

Akselerasi yang ditempuhnya saat menduduki bangku SMP dan SMA menjadi alasan mengapa ia dapat lulus di usia yang terbilang sangat muda. Selain itu, Syifa mengaku bahwa dirinya baru berumur 5 tahun saat masuk sekolah dasar di SD City School Semarang dan kemudian pindah saat kelas 4 ke SD Annisa Semarang. Lulus SD, Syifa kemudian melanjutkan di SMPN 2 Semarang dan SMA 3 Semarang masing-masing selama 2 tahun.

“Masuk akselerasi karena keinginan sendiri dan ikut tes. Senang di akselerasi karena gurunya enak,” ujar Syifa yang ditemui tim Cozer disela masa Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK).

Menjadi siswa akselerasi tentu bukan hal yang mudah. Proses belajar ini dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi proses belajar siswa. Jika tidak siap, pemadatan materi tersebut bisa menjadi tekanan bagi pesertanya.

“Awalnya susah. Dulu waktu SMP pernah muntah-muntah gara-gara mau ujian dan stress,” ujarnya tertawa. Namun semua pengorbanan itu ia lakukan semata untuk membahagiakan orang tua dan meraih cita-citanya sebagai dosen.

“Ingin jadi dosen biar bisa berbagi ke sesama,” tambahnya. Sukses terus ya, Syifa! (Lucia/Intan)

 

Editor : Chohen
Jurnalis Kampus : Lucia & Intan

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya