Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

10 Student-hacks untuk Membuat Hidup Mahasiswa Lebih Teratur

Posted at 14 August 2017 on PENGEMBANGAN DIRI by Redaksi
Foto : Shutterstock

Jadi mahasiswa memang susah-susah gampang. Kalau kos apalagi, udah jauh dari orang tua, apa-apa harus ngurus sendiri, kadang sampai lupa makan. Tapi sebagai mahasiswa, tentu kalian punya banyak sekali ide dan kreativitas untuk membuat hidup lebih mudah. Mungkin kalian sudah punya beberapa life-hacks yang bisa bikin segala hal jauh lebih simpel?

Kalau belum, jangan khawatir, karena ide selalu ada di mana-mana, termasuk di sini. Berikut ini beberapa student-hacks yang bisa kalian terapkan untuk meng-organisir kehidupan sehari-hari, supaya nggak kusut kayak benang layangan. Dijamin hidup kalian akan sedikit lebih mudah.

Supaya nggak lupa dengan jadwal


(photo via Studyreadwrite)

Dengan kegiatan yang seabreg, nggak heran kalau mahasiswa sering lupa jadwal. Kuliah jam berapa, kelasnya di mana, latihan paduan suara jam berapa, janjian sama dosen jam berapa, wah ribet ya. Walaupun udah dicatat, seringnya masih lupa juga. Life-hack untuk mengatasinya? Gampang banget. Foto catatan kalian, lalu pasang fotonya jadi home-screen atau lock-screen di ponsel kalian. Beres deh!

Menghindari ketiduran/tidur berlebihan

(photo via collegefill)

Kalau kalian suka begadang, memang wajar kalau bangunnya kesiangan. Tapi bangun kesiangan saat ada kuliah, atau ada jadwal tugas kelompok, wah nggak banget deh. Pasang alarm di ponsel percuma, nggak kebangun juga. Solusinya? Taruh ponsel di gelas kaca. Kaca akan memantulkan suara sehingga jadi lebih nyaring. Selain itu, kalian harus usaha lebih untuk mematikan alarmnya, harus menjangkau gelasnya lebih dulu. Tapi pastikan gelasnya kosong ya.

Menata buku catatan kuliah

(photo via boholoco)

Kalian bisa berhenti mengubek tas, laci, atau tumpukan buku di lantai kamar kos dengan cara ini: bubuhkan kode warna pada ujung atas buku catatan kuliah kalian dengan stabilo (satu warna per mata kuliah) dan kalian pun bisa mengambil buku catatan tertentu dengan cepat dan mudah.

Menandai kunci supaya nggak tertukar

(photo via ispydiy)

Punya banyak kunci memang ribet: kunci kamar kos, kunci rumah ortu, kunci gembok pagar kos, kunci musholla (eh)… Kalau kalian sering terjebak di luar pintu, mencoba mencari kunci yang tepat untuk pintu itu, kalian bisa menggunakan cara ini: ambil beberapa cat kuku, pulaskan di bagian atas kunci, dan (jika memungkinkan) di dekat lubang kunci pada pintu yang jadi pasangan kunci tersebut. Supaya rapi, gunakan selotip untuk membatasi bidang yang akan dicat.

Belanja keperluan bulanan

Nulis daftar belanjaan sih udah kuno. Kalian punya ponsel yang ada kameranya? Buka kulkas/lemari penyimpanan, foto isinya, jadi kalian bakal tahu apa saja yang kalian punya, dan apa saja yang belum ada. Super gampang!

Menata kabel dan alat tulis

(photo via homedit)

Nggak ada lagi meja yang berantakan dengan kabel-kabel, atau pulpen dan pensil berserakan. Yang kalian butuhkan hanyakan karton bekas gulungan tisu  toilet, spidol warna warni, kertas kado, sedikit kreativitas, dan voila! Semua jadi rapi deh.

Menyimpan uang kembalian

(photo via outofchaos)

Koin-koin kembalian dari warteg, mini market, dan warung berserakan di atas meja? Nggak banget kan. Siapkan toples atau gelas yang nggak dipakai, masukkan semua koin ke dalamnya. Kalau sudah penuh, simpan di lemari, ganti dengan gelas/toples yang baru. Di akhir tahun, kalian akan terkejut melihat berapa uang yang berhasil kalian tabung.

Menata minuman di kulkas

Kalau kulkas kalian suka penuh, mungkin kalian hanya perlu menatanya (alih-alih beli kulkas baru yang lebih besar). Salah satu caranya, gunakan penjepit kertas untuk menata botol minuman. Dengan demikian, kalian bisa menumpuknya agar menghemat tempat.

Menghindari colokan tertukar

(photo via splendiddiy)

Kadang dengan banyaknya kabel charger, mereka bisa dengan mudah tertukar sehingga kita bingung saat harus mencabut/menyambungkannya dengan stop kontak. Caranya, beri label pada bagian kepala colokan dan ujung kabel charger dengan selotip bercorak. Selain membantu, colokannya juga jadi bagus deh!

Menata stop kontak

(photo via outofchaos)

Area stop kontak bisa jadi super berantakan dengan banyaknya kabel dan colokan. Ambil kotak sepatu yang tak terpakai, lapisi dengan kertas kado atau kertas lainnya, beri lubang, (kalau ada) pasang ring besi di tiap lubang (bisa dibeli di toko alat jahit/toko kerajinan tangan), beri label ti tiap lubang, dan voila! Jadi deh “rumah” buat stop kontak supaya kelihatan rapi.

Nah itu dia beberapa student-hacks untuk mengorganisir. Nantikan studenst-hacks berikutnya dengan topik berbeda ya!

 

Sumber Lain :

https://www.society19.com/30-life-hacks-all-college-students-need-to-know/

https://www.buzzfeed.com/peggy/important-life-hacks-every-college-student-should-know?utm_term=.xiN9vzXzjk#.phne3R5Rjy


Sumber : Gurl.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya