Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Senjata Ampuh Lawan Micro-sleeping Saat Berkendara

Posted at 23 June 2017 on ARTIKEL by Yudi Kobo
Konsumsi kopi agar kembali segar (Foto: Thinkstock)
Tertidur akibat rasa kantuk yang tak tertahankan jadi penyebab utama kecelakaan di jalan raya. Rasanya jika ditengok kembali, tak terhitung jumlah kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi yang mengantuk di jalan raya. Mulai dari kecelakaan ringan yang masih bisa terelakkan, hingga kecelakaan besar yang merenggut banyak nyawa.
 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Loughborough University's Sleep Research Centre terhadap 1.000 orang pengemudi, sebanyak 45 persen pengemudi pria pernah mengalami micro-sleeping saat mengemudi. Sedangkan pada kaum hawa hanya 22 persen.
 
Apa itu micro-sleeping?
Micro-sleeping merupakan kondisi saat seseorang tertidur sejenak, biasa berdurasi lima hingga sepuluh detik saja. Ini terjadi secara mendadak.
Biasanya, sang pengemudi akan tersentak bangun tanpa menyadari bahwa sebelumnya ia telah tertidur. Bisa dikatakan, ini merupakan detik-detik tubuh jadi blank dan tak sadar akan kondisi sekeliling.
 
Bahkan micro-sleeping juga bisa terjadi dengan mata terbuka, lho! Karena otaklah yang sedang berada dalam kondisi 'tidur'. Inilah yang membuat micro-sleeping jadi begitu berbahaya.
 
Seperti dilansir BBC, Dr. Ilene Rosen, pakar tidur dan profesor dari University of Pennsylvania menuturkan hal serupa.
 
"Mereka (yang mengalami micro-sleeping) biasanya sedang tak memikirkan apapun," jelasnya seperti dikutip dari ... (tambahin hyperlink)
Kelelahan dan kurang tidur jadi pemicu terjadinya micro-sleeping. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk tak memaksakan diri mengemudi saat tubuh terasa letih.
 
Prof Jim Horne dari Loughborough University's Sleep Research Centre mengatakan bahwa kopi jadi senjata ampuh untuk menghalau micro-sleeping.
"Tidur tak terjadi begitu saja. Kau tak mungkin menyetir dengan segar lalu mendadak tertidur satu menit kemudian. Pasti selalu ada tanda untuk menyadari seberapa mengantuknya kamu," tutur Jim.
 
Ketika berkendara dan mulai terasa mengantuk, kamu bisa minggir untuk parkir sejenak. Kamu bisa menenggak segelas kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein.
 
Setidaknya harus ada 150mg kafein yang masuk ke dalam tubuh kamu. Kafein tersebut akan mulai bekerja 20 menit kemudian, jadi ada baiknya kamu tidur sejenak selama 15 menit.
 
Saat terbangun, tubuh dan otak kamu pasti akan berada dalam kondisi jauh lebih segar. Selamat mencoba!

Sumber : Kumparan.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya