Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Posted at 26 May 2017 on ARTIKEL by Redaksi
Foto : Shutterstock

Bulan suci Ramadhan yang ditunggu-tunggu sebentar lagi tiba, dan setiap Muslim harus menjalankan puasa satu bulan penuh sebagai kewajibannya. Pada saat puasa, kebiasaan makan kalian akan berubah —kalian hanya akan makan dan minum sebelum fajar, dan setelah senja. Ini akan membuat tubuh kalian mengubah sistem metabolisme dengan cepat untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan makan yang baru. Untuk itu, kalian mungkin perlu membantu tubuh dengan melakukan beberapa persiapan.

Puasa bisa mengubah metabolisme tubuh kita

Tidak seperti di waktu normal, pada saat berpuasa, kita hanya bisa makan dua kali. Kita tidak diperbolehkan makan dan juga minum selama kurang lebih selama 13 jam. Perubahan kebiasaan makan tentu bisa mengubah cara tubuh menggunakan nutrisi untuk digunakan.

Selama puasa, metabolisme tubuh kita melambat, karena terbatasnya jumlah sumber energi yang kita konsumsi. Hal ini bisa menyebabkan kekurangan energi. Agar tidak terjadi, tubuh kita kemudian akan memperlambat fungsinya, sehingga energi yang digunakan lebih efisien dan cadangan energi tersedia lebih lama.

Bagaimana mempersiapkan tubuh untuk menghadapi bulan puasa?

Siapkan tubuh kalian sebelum berpuasa dengan mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat dan lebih teratur. Jadi, tubuh kalian nantinya akan terbiasa dengan jeda waktu di antara waktu makan selama waktu puasa yang lebih lama. Beberapa makanan bergizi sangat penting untuk dikonsumsi saat suhur (makan sebelum puasa) sehingga tubuh akan berada dalam kondisi segar dan sehat sepanjang hari.

Beberapa nutrisi penting yang harus kalian dapatkan adalah karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Tak ketinggalan, vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C dan seng (zinc).

Vitamin C dan seng merupakan kombinasi penting vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membuat kalian tetap sehat sebelum dan selama puasa, meski kurang asupan makanan. Vitamin C berfungsi untuk membantu melindungi sel-sel di tubuh agar tetap dalam kondisi baik. Ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara itu, seng terlibat dalam berbagai aspek metabolisme dalam sel, seperti untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Seng juga berperan penting dalam meruntuhkan karbohidrat. Dengan demikian, memenuhi kebutuhan seng selama puasa juga bisa membantu mencegah kita merasa lemas karena kekurangan energi.

Kalian bisa mendapatkan sumber vitamin C dan seng dari berbagai makanan, seperti buah-buahan, sayuran hijau, daging, ayam, kacang-kacangan, susu dan produk susu lainnya. Jika kalian tidak bisa mendapatkannya dari makanan, kalian bisa beralih ke suplemen.


Sumber : Hellosehat.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya