Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Tim Universitas Gunadarma Runner-Up Kompetisi Satelit CanSat 2016 di Mongolia

Posted at 28 September 2016 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Tim Garuda Universitas Gunadarma bersama penyelenggara CanSat Competition 2016 (Foto: lapan.go.id)

Prestasi membanggakan ditorehkan tim Universitas Gunadarma di kompetisi CanSat 2016. Kompetisi yang diselenggarakan pada 22-23 September 2016 di UlaanBaatar, Mongolia, ini diorganisir oleh Asia-Pasific Space Cooperation Organization (APSCO) yang bekerja sama dengan Information Technology, Post and Telecommunication Mongolia (ITPTA Mongolia).

CanSat ini merupakan kompetisi rancang bangun dan implementasi satelit kecil berukuran kaleng minuman standar Eropa. Kompetisi ini diikuti oleh Perguruan Tinggi dari berbagai negara anggota APSCO termasuk Mongolia yang menjadi tuan rumah dari kompetisi ini.

Seperti dikutip dari situs LAPAN, Gunadarma merupakan salah satu dari dua belas Perguruan Tinggi yang dinominasikan oleh LAPAN untuk mengikuti kompetisi CanSat 2016. Namun hanya Gunadarma yang terpilih untuk mengikuti kompetisi CanSat 2016 mewakili Indonesia. Sebelumnya, Universitas Gunadarma telah mengikuti kompetisi serupa dalam tingkat nasional.

Tujuh mahasiswa Universitas Gunadarma yang tergabung dalam tim Garuda ini diketuai oleh Dennis Aprilla Christie. Mereka sebelumnya telah mendapat pembekalan materi di Kantor Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, di Rancabungur, Bogor.

Seluruh tim dari negara peserta CanSat 2016 harus meluncurkan satelitnya dan mampu mengambil data atmosfer, seperti ketinggian, temperatur, tekanan udara, kelembaban, dan lainnya, kemudian mengirimkannya ke ground station.

Setelah melalui proses penjurian, dewan juri memutuskan runner-up diberikan kepada tim Garuda Universitas Gunadarma, Indonesia. Juara ketiga diraih oleh tim Sky Defender dari Military and Defence University, Mongolia. Sementara, juara pertama diraih oleh tim APIS dari Istanbul Technical University, Turki, yang hanya berbeda satu skor dari tim Garuda.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya