Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

8 Kebiasaan Mahasiswa Sukses yang Tak Dimiliki Mereka yang Gagal

Posted at 13 March 2017 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi

Sebagai mahasiswa, kamu tentu ingin sukses, baik secara akademik ataupun nanti di kehidupan dan karier. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendekatkanmu kepada kesuksesan dan keteraturan hidup. Kuncinya, kamu harus bisa pegang kendali. Jangan mau dikendalikan oleh tugas yang menumpuk, keadaan yang tak menguntungkan, apalagi hal-hal merugikan seperti kecanduan narkoba atau pergaulan yang tak sehat. Intinya, kamu harus menjadi pilot yang mengarahkan hidupmu sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar membantumu sukses. Hal-hal ini biasanya tak dilakukan oleh orang gagal. Jadi pastikan kamu tahu apa yang terbaik buatmu.

1) Buat tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Tujuan dan target yang tidak dituliskan hanyalah angan-angan belaka. Jadi kalau kamu punya goal, sebaiknya kamu segera tulis sebelum terlupakan. Bagi tujuanmu menjadi jangka pendek dan jangka panjang. Dengan memiliki tujuan, kamu jadi punya arahan hidup. Selain itu, kamu jadi bisa terus maju bahkan di saat-saat sulit, karena percaya akan mencapai tujuan-tujuanmu.

2) Membuat jadwal dan mematuhinya

Membuat jadwal dan mematuhinya adalah kebiasaan orang sukses. Yang perlu dilakukan adalah mengambil satu waktu setiap minggu untuk mengingat apa saja yang harus dilakukan sepanjang minggu berikutnya, mulai dari yang sangat penting hingga yang bersifat kesenangan. Lalu tuliskan dan bagi perharinya, misalnya, Senin jam 13:00 waktunya belajar Kalkulus, jam 15:00 latihan menulis dalam Bahasa Inggris, Selasa jam 09:00 waktunya berenang bersama teman-teman, dan sebagainya. Lalu patuhi jadwal tersebut.

3) Memperbaharui diri secara rutin

Artinya tak membiarkan dirimu terkuras. Di sela-sela tugas kuliah dan pekerjaan sampingan yang menumpuk, kamu harus ingat untuk bermain dan bersenang-senang. Ini agar semangatmu terus menyala, dan tidak mudah bosan atau stres. Caranya bisa macam-macam, baca novel bagus, jalan-jalan ke kebun binatang, bermain di pantai, atau sekedar nongkrong sama teman.

4) Jaga hubungan dengan dosen dan alumni

Menjaga hubungan dengan dosen dan alumni sangat penting, apalagi untuk membangun network di masa depan. Selain bisa mendapat banyak ilmu (dan mungkin proyekan) selama kuliah, misalnya beberapa tahun ke depan kamu ingin daftar beasiswa ke luar negeri, pasti akan lebih mudah meminta surat rekomendasi dosen.

5) Ketahui teknik belajar yang pas

Semua orang punya teknik belajar masing-masing yang paling efektif buat mereka. Kamu harus punya juga, supaya pelajaran lebih gampang masukĀ  ke otak. Orang visual, misalnya, lebih senang membuat catatan yang rapi dan enak dibaca. Orang olfaktori, biasanya lebih suka belajar dengan mendengarkan, entah mendengarkan penjelasan dosen, atau mendengarkan materi kuliah melalui audio visual seperti video.

6) Memilih UKM yang pas

Aktif di unit kegiatan mahasiswa (UKM) terbukti sangat berguna. KamuĀ  bisa memperluas pergaulan di kampus, sekaligus mendapat banyak skill dan pengalaman. Namun pilih UKM hanya yang benar-benar pas buat kamu ya, misalnya yang benar-benar sesuai minat. Jangan sampai kebanyakan ikut UKM hingga kuliah jadi terbengkalai.

7) Memanfaatkan fasilitas kampus

Kampus biasanya memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya, perpustakaan yang menyimpan banyak sekali buku, gelanggang olahraga dan kolam renang supaya kamu tetap aktif dan sehat, pusat pengembangan karier dan bakat, perkumpulan alumni, dan lain sebagainya. Pastikan kamu memanfaatkannya selagi bisa.

8) Memilih teman yang membangun

Teman-teman sangat mempengaruhi cara mahasiswa memandang dan menjalani kehidupan. Pastikan kamu berada di lingkungan pertemanan yang membangun, sehat, positif, dan membuat kamu ingin selalu berprestasi dan mengejar kesempatan.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya