Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Raih Juara 2 Lomba Plan of Development IPWeek 2017, UPN "Veteran" Yogya Singkirkan ITB

Posted at 23 February 2017 on SEPUTAR KAMPUS by Redaksi
Tagar

IPWeek 2017 (Integrated Petroleum Week) telah berlangsung pada February 19, 2017 lalu yang merupakan leading upstream energy-based mahasiswa di Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada skala internasional, acara tahunan ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai pengetahuan, kebersamaan, dan kesadaran melalui berbagai acara berdasarkan teknik perminyakan kompetisi terkait antara kedua siswa regional dan internasional, sambil membahas cara-cara untuk berurusan dengan dunia krisis energi saat ini melalui Grand Seminar IPWeek2017.

Perwakilan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta berpartisipasi mengikuti kompetisi Plan of Development yang kabar bahagianya mendapatkan juara 2 setelah Universitas Teknologi Petronas diposisi pertama. Kabar ini disebar oleh salah seorang anggota group social chat Ikatan Alumni sebagai rasa bangga terhadap kampus.

"Alhamdulillah adik kelas yg pernah ke KL saat ini baru saja selesai mengikuti lomba Plan of Development competition di ITB... Juara 2.  Juara 1 nya UTP.. at least sudah menyingkirkan ITB...". Tulis salah satu anggota group. "Agra Adipta adalah Geofisis upn angk 2014.. Dia putranya pak Aris Samdya.. Hayoo pasti kenal to mas mas..". Lanjutnya.

Tim yang dikirim dari UPN "Veteran" Yogyakarta di antaranya R. Aburizal Valdi, Windyanesha Paradita, Lervino Fridela, Adrian ardhyanto dari teknik perminyakan 2013 dan Agra adipta dari teknik geofisika 2013.

Aburizal Valdi (TM 2013) mengakatan dibalik keberhasilan ini disebabkan karena mempunyai tim cukup solid pada saat mengerjakan project, setiap anggota aktif memberikan kritik dan saran. Kemudian meraka tidak hanya melibatkan mahasiswa dari Teknik Perminyakan saja, melainkan mengikutsertakan juga mahasiswa dari Teknik Geofisika yang berperan sebagai geoscientist sehingga wawasan tim lebih luas.

"saya juga senang memiliki tim yang selalu kerja keras hingga memperhatikan setiap detail agar project kita menjadi sempurna untuk di presentasikan". Ungkap Aburizal Valdi.

Perlombaan ini setiap tim memiliki kasus yang sama, lomba ini layaknya disituasikan seperti setiap tim adalah perusahaan yang harus berlomba lomba untuk memenangkan tender yang di berikan SKK Migas untuk mengembangkan suatu lapangan migas. Dari mulai awal eksplorasi, aspek reservoir,  pemboran,  produksi hingga analisa keekonomian akan lapangan migas yang akan dikembangkan,  sehingga setiap tim memiliki strategi yang berbeda beda untuk mencapai project yang dinilai layak dan menguntungkan untuk memenangkan tender.

Strategi yang dilakukan oleh tim dari UPN "Veteran" Yogyakarta adalah berkomitmen untuk harus lebih detail dan lebih lengkap dari tim yang lain,  mereka melihat peluang pada tim lain yang biasanya tidak melakukan pemodelan reservoir dan simulasi reservoir,  juga pada aspek produksi mereka melihat peluang karena tim lain biasanya tidak memperhatikan itu dengan sangat detail, itu yang mereka anggap menjadi senjata sehingga laporan mereka yang lengkap bisa menjadi strategi untuk memenangkan lomba tersebut. Sehingga pada saat mempresentasikan dari pihak juri cukup puas dengan apa yang telah kita kerjakan.

Prestasi ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi tim dan almamater, juga dapat menjadi motivasi untuk adik kelas untuk dapat mengikuti jejak mereka.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya