Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Mengupas Hard Skill & Soft Skill di Pojok Alumni UPNVY

Posted at 12 July 2018 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Dalam setiap pribadi manusia, terdapat kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang calon pekerja atau entrepreneur agar mendulang kesuksesan. Kemampuan tersebut juga dikenal sebagai Hard skill dan Soft skill.

HMTG (Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi) “Pangea” UPNVY, menggelar acara informal bertajuk “Pojok Alumni”, pada Sabtu, (7/7) bertempat di Erha Coffee & Literacy, Jl Wahid Hasyim, Sleman. Kegiatan ini mendatangkan pembicara Sonny T. Sampurno, Konsultan Perminyakan dan Geologi PT. Geotama Prima Usaha, Sekaligus alumni TG (Teknik Geologi) UPNVY tahun 1975.

Materi utama yang disampaikan oleh Sonny yakni “Memaksimalkan potensi diri dalam melakukan segala kegiatan” pembahasan tersebut terkait dengan pemaparan mengenai Soft skill>Hard Skill. Menurut Sonny, banyak orang yang tidak sukses dan kurang berkompeten lantaran hanya menempa kemampuan Hard Skill-nya tanpa melatih kemampuan Soft skill.

Acara Pojok Alumni dimulai dengan perkenalan masing-masing peserta yang terdiri dari mahasiswa aktif Teknik Geologi UPNVY, dari angkatan 2013 hingga 2016.  Salah satu peserta yang antusias mengikuti Pojok Alumni ialah Faizal, mahasiswa TG angkatan 2016. Ia mengaku  senang dan antusias dapat menambah ilmu serta pengalaman dari senior-seniornya yang telah terjun langsung di dunia kerja. “Motivasi saya datang karena tertarik mengenai tema acaranya yaitu soft skill. Menurut saya soft skill  ini salah satu kemampuan yang saya butuhkan, namun saya belum memiliki pengetahuan untuk mengembangkannya”, tambahnya.

Ardiansyah Marbun, Ketua HMTG “Pangea” sekaligus selaku penanggung jawab acara mengatakan bahwa melalui agenda Pojok Alumni ia berharap agar para alumni dapat berbagi pengalaman serta motivasi untuk membuka pemikiran dan hal baru kepada mahasiswa, serta menambah wawasan baru yang mungkin orang lain tidak miliki. Hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi mahasiswa yang mengikuti Pojok Alumni.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya