Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

8 Stadion Megah di Indonesia yang Memenuhi Standar AFC/FIFA

Posted at 04 July 2018 on ARTIKEL by Yudi Kobo
Stadion Aji Imbut Tenggarong

Di tengah euforia Perempat Final Piala Dunia 2018, Indonesia mendapatkan kabar baik dari FIFA. Beberapa waktu lalu, salah satu anggota dewan FIFA, Tengku Abdullah, mengungkapkan sudah saatnya Asia Tenggara menggelar turnamen bola paling bergengsi di dunia ini. Bersamaan dengan wacana ini, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia terus mengadakan pertemuan perihal tersebut.

Namun Ada banyak PR yang harus dibenahi PR besarnya adalah infrastruktur bahan terdengar kabar Rusia sendiri harus menggelontorkan dana sekitar 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp 195 triliun. Menurut Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, hal tersebut dilakukan untuk memastikan semua infrastruktur dapat diselesaikan dengan baik.

Ditambah tiga aspek penting yang menjadi bahan pertimbangan, yakni uji kepatuhan, uji tingkat risiko, dan evaluasi aspek teknis.

Tapi bagaimana jika Indonesia, yang bisa dibilang masih dalam perkembangan dalam hal permainan sepak bola, mempunyai stadion, yang tidak kalah keren dan mewah seperti di negara-negara eropa dan maju tersebut?

Gelora Bung Karno(GBK)

kumparan

Percaya gak, kalau stadion yang akrab disebut stadion GBK ini masuk ke dalam daftar 10 stadion terbaik di dunia? Pantas saja. Karena stadion GBK ini mampu menampung sampai 88 ribu pentonton. Selain itu, kamu juga pasti sudah tahu, kalau stadion yang sudah berdiri selama kurang lebih 55 tahun ini selalu terpilih menjadi tempat untuk menyelenggarakan ajang Internasional.

Seperti pertandingan persahabatan, atau ajang lainnya. Atau biasa dipakai sebagai acara konser dan peringatan hari-hari besar. Serba guna ya? Karena memang GBK menjadi stadion di Indonesia yang berstandar Internasional setelah GBLA.

Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Inilah stadion yang masih terbilang 'baru', karena berdiri sekitar 4 tahun lalu, yaitu sejak tahun 2013. Bahkan bisa dikatakan mempunyai kualitas hampir sama karena keduanya juga merupakan stadion di Indonesia yang sudah berstandar Internasional.

 

Stadion Utama Riau
kabarin.co

Stadion ini menjadi bersejarah karena pernah dipakai pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012. Juga pernah menjadi stadion tempat kualifikasi piala AFC U-22. Fasilitas yang disediakan di stadion juga sudah berstandar AFC, dan rumputnya pun sangat berkualitas. Karena didatangkan langsung dari Brasil.

 

Stadion Aji Imbut Tenggarong

Sebelum bernama Aji Imbut, stadion ini memiliki nama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Selain Stadion Utama Riau, Stadion Aji Imbut juga pernah dipakai ajang PON lho di tahun 2008. Kalau kamu melihat stadion ini dari kejauhan, pasti akan kagum dengan desainnya.

 

Stadion Jakabaring Palembang

Stadion kebanggaan orang Palembang. Sudah sering banget dipakai dalam pentas sepak bola Indonesia dan juga event-event besar olahraga yang diselenggarakan di Indonesia.

Stadion ini merupakan pendamping bagi BGK. Karena jika ada event besar, contohnya Piala Asia atau Sea Games, stadion ini selalu menjadi tempat kedua setelah Gelora Bung Karno.

 

Stadion Palaran Samarinda

Kapasitas hingga 50 ribu penonton, menjadikan Stadion Palaran sebagai satu yang terbesar di Asia Tenggara.

 

Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo ini juga merupakan stadion bertaraf Internasional yang terletak di kota besar Surabaya. Menjadi markas besar klub Persebaya, kabarnya stadion ini terkenal angker.

Stadion Pakansari

Stadion Pakansari seketika melejit namanya karena menjadi kandang tim nasional Indonesia saat semifinal dan final Piala AFF tahun 2016 lalu. Meski baru dirampungkan pada 2014 lalu, stadion berkapasitas 33.000 penonton ini telah diverifikasi oleh pihak AFC untuk menggelar laga-laga internasional.


Sumber : Berbagai Sumber

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya