Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Liburan Murah ala Mahasiswa Jogja

Posted at 26 June 2018 on ARTIKEL by Lucia Yuriko
Pasar Triwindu

Libur panjang pergantian semester rasanya ingin dihabiskan dengan jalan-jalan terus. Eitss tapi ternyata kantong lagi tipis nih. Enaknya kemana ya? Gampang! Buat mahasiswa Jogja, pasti populer nih untuk jalan-jalan ke kota sebelah, alias kota Solo. Selain dekat, ternyata transportasinya murah dan mudah. Ada banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi. Yuk intip tips jalan-jalan hemat ke Solo

Sensasi naik kereta

Suasana dalam stasiun Purwosari

Bagi kalian yang belum pernah naik kereta, khususnya mahasiswa dari luar Pulau Jawa, ini merupakan kesempatan emas. Jadikan Kota Solo sebagai “Starter” kamu menjajal mode transportasi yang sudah ada sejak jaman dulu ini. Untuk ke Solo, cukup merogoh kocek 8ribu aja lho! Lebih murah dari jajan ayam geprek ya? Kereta populer Jogja-Solo adalah Prameks. Stasiun keberangkatan bisa dari mana saja seperti Stasiun Tugu, Lempuyangan, Maguwo (bandara). Setelah itu turun di Stasiun Solo Balapan atau Purwosari. Untuk transportasi di Solo bisa menggunakan transportasi online atau Bus Batik Solo Trans (BTS).

Tempat Wisata Gratis
Kraton Mangkunegaran

Ada banyak tempat wisata yang gratis di kota batik ini. Mulai dari wisata budaya dan edukasi seperti Kraton Mangkunegaran, Museum Pers, Museum Keris, Pabrik Gula Tjolomadoe, hingga Taman Balekambang dan Taman Edupark UMS. Wisata belanja seperti Ngarsopuro, Pasar klewer, Pasar Gede, dan Pasar Triwindu. Jalan-jalan ke tempat tersebut tentunya kita tidak harus belanja, lihat-lihat barang unik khas kota sebelah juga asik lho. Seperti di Pasar Triwindu yang kaya akan koleksi barang antik, bisa tambah ilmu juga!

Spot Instagramable

Pabrik Gula Tjolomadoe

Jauh-jauh ke Solo, tentu harus bawa pulang foto-foto keren untuk stok upload di medsos kesayangan. Tenang, Solo akan membantu mempercantik feeds Instagram kita dengan spot-spot kece dan tentunya nggak buat dompet kita menangis. Pabrik Gula Tjolomadoe dan sudut-sudut heritagenya tentu bikin selfie kita semakin cantik. Sembari belanja di Pasar Gede, jangan lupa berjalan mengelilingi sudut luar pasar yang masih bergaya kolonial. Sebagai hadiah, di sebelah selatan Pasar Gede terdapat Kelenteng Tien Kok Sie buat bergaya ala-ala. Tak lupa Pasar Triwindu dan koleksi barang antiknya cocok untuk berfoto di gang-gang pasar serasa di Little India Singapore lho! Sebagai tambahan, jangan lewatkan Benteng Vastenbourgh, Transformer Park, Candi Cetho, dan masih banyak lagi.

Makanan “ndeso” yang bikin ketagihan

Serabi Notosuman

Tempat terbaik menemukan surga “street food” ada di Stadion Manahan. Terdapat jajaran stand serabi solo, Nasi Liwet, Selat Solo, dan lain-lain . Di tempat terpisah, ada juga rumah makan khas yang terkenal dengan racikannya seperti Serabi Notosuman, Timlo Sastro (Pasar Gede), Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Es Dawet Telasih (Pasar Gede), dan tidak ketinggalan Susu Shi Jack.

Nah itu adalah rekomendasi liburan murah meriah di Solo. Selain unik dan edukatif, berlibur ke kota sebelah ini tentu tidak akan membuat kantong jebol. Dengan membawa uang 100ribu sudah cukup untuk transportasi, makan, dan berkunjung ke tempat wisata. Tentu nantinya pengeluaran akan tergantung masing-masing, mau hemat atau bergaya ala-ala? Selamat liburan!

Berbagai Sumber
http://pariwisatasolo.surakarta.go.id/wisata/puro-mangkunegaran

https://travelingyuk.com/tjolomadoe-rebutan-pemerintah-mangkunegaran/91053/

https://www.yukepo.com/hiburan/indonesiaku/yuk-intip-pasar-triwindu-di-solo-yang-bikin-pengunjungnya-nostalgia/

http://old.solopos.com/2015/07/19/kuliner-solo-sibuknya-serabi-notosuman-saat-lebaran-625287


Sumber : Berbagai Sumber

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya