Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Dukung Literasi Media, Mahasiswa Ilkom Luncurkan Buku "Mediabetes"

Posted at 05 June 2018 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Mahasiswa Ilmu Komunikasi kelas Perbandingan Sistem Media Massa terbitkan buku berjudul “Mediabetes”, Kamis (31/05/2018). Buku berisi kumpulan analisis terhadap media cetak, media penyiaran, iklan, dan film ini ditulis oleh 45 penulis yang dibagi dalam 4 bab. Peluncuran buku tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing sekaligus penulis, Fajar Junaedi, M.Si. , Senja Yustitia, M.Si (Dosen & jurnalis), dan mahasiswa ilmu komunikasi.

Para mahasiswa menggarap tulisan selama sekitar 3 bulan. Setelah melalui proses pencarian tema besar, konsultasi tulisan, editing, dan dua kali proofread, buku hasil bekerja sama dengan Buku Literasi Yk ini resmi diluncurkan dalam acara yang digelar di Cangkir 6 Coffee, Yogyakarta.

“Mediabetes terinspirasi dari diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Begitu juga dengan media, terlalu banyak mengonsumsi media juga dapat membunuh,” ujar Hercya Kirana, mahasiswa semester 6 yang juga berperan sebagai pembicara.

Peluncuran buku ini disambut baik oleh jurusan Ilmu Komunikasi. Pasalnya, buku juga merupakan artefak atau kenang-kenangan yang bisa dibawa hingga tua. “Zaman saya dulu bikin buku susah. Pembuatan buku ini juga hasil dari teman-teman. Saya tawarkan untuk tugas akhir apakah mau ujian biasa atau menulis. Kalau menulis dan tidak plagiat, pasti dapat nilai A,” ujar Fajar dalam balutan kaus birunya.

Dituturkan Fajar, proses pembuatan buku tidak hanya mengajarkan cara menulis dan menganalisa. Tapi lebih kepada mengasah softskill, kebersamaan, dan wawasan tentang dunia penerbitan. Selain menulis, mahasiswa juga mendapat peran lain antara sebagai desainer cover, editor, proofreader, dan panitia peluncuran buku.

“Semoga ini menjadi awal untuk menciptakan karya-karya yang lainnya,” tambah Senja Yustitia. Buku dengan cover warna coklat juga dijual untuk umum seharga Rp 80.000,00. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya