Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

12 Siswa BSBI UPN Unjuk Kebolehan Menari di TBY

Posted at 05 June 2018 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

12 siswa BSBI (Beasiswa Seni Budaya Indonesia) dari 12 negara yang saat ini sedang belajar di jurusan Hubungan Internasional UPNVY unjuk kebolehan menari di Gelar Karya Sanggar Seni Kinanti Sekar “Doa Sang Penari”, Sabtu (26/05/2018) di Taman Budaya Yogyakarta, bersama puluhan penari lainnya.

Tarian berjudul “Jogja Istimewa” ini dibawakan dengan sangat luwes selama 10 menit. Tarian ini menggambarkan keistimewaan Yogyakarta, salah satunya digambarkan dengan gunungan yang diusung penari. Tarian yang dipelajari selama 1,5 bulan ini mengundang tepuk tangan penonton, yang didominasi wisatawan mancanegara. “Mereka belajar budaya Yogyakarta. Jadi nari jawa yang ada ciri khas Yogyakarta. 2 minggu ke depan mereka akan belajar tarian baru lagi,” ujar Ludiro Madu S.IP., M.Si selaku koordinator BSBI yang hadir bersama ketua jurusan HI dan beberapa dosen lainnya.

Ke-12 mahasiswa tersebut berasal dari Kiribati, Hungaria, Myanmar, Malaysia, Thailand, Bosnia dan Herzagovina, Belgia, Ghana, Indonesia, Canada, Yordania, dan Uzbekistan. BSBI merupakan program dari Kementrian Luar Negeri terhadap pemuda internasional usia 20-30 tahun untuk belajar seni budaya Indonesia selama 3 bulan. Tidak hanya belajar seni dan budaya saja, namun studi Indonesia seperti politik, ekonomi, bahasa, media, multikulturalisme, termasuk belajar Islam di Indonesia. Saat ditanya, beberapa mahasiswa sudah bisa berujar bahasa Indonesia sederhana. “Nama saya Camel,” ujar Camel dari Yordania.

“UPN dipilih karena memiliki program kekhususan yaitu menggabungkan budaya dengan studi Indonesia. Selain UPN, BSBI juga diadakan di Banyuwangi, Denpasar, Kutai Kartanegara, Padang, dan Makassar,” tambah Ludiro.

Setelah 3 bulan diharapkan mereka dapat mengusai 2 tarian yang akan ditampilkan pada acara puncak yaitu “Indonesia Channel” di Taman Ismail Marzuki Jakarta, 4 Juli 2018 mendatang. Event ini akan mempertemukan seluruh siswa BSBI di Indonesia.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya