Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Ingin Menjadi Relawan untuk Kegiatan Sosial?

Posted at 24 May 2018 on ARTIKEL by Yudi Kobo
Generasi Muda Kosgoro x Hope For All x Indonesia-Malaysia Club

Menjadi relawan di berbagai kegiatan atau organisasi sosial merupakan salah satu pilihan bagi kamu yang ingin berbuat lebih secara langsung untuk sesama. Sambil libur semester atau menunggu panggilan kerja atau memanfaatkan waktu kamu agar lebih berarti dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Menjadi relawan akan sangat banyak memberikan pengalaman dan pelajaran hidup bagi siapapun yang menjalaninya. Seperti quote dalam film Into the Wild, “Happiness is only real when shared.” Begitulah prinsipnya ketika kamu menjadi relawan: berbagi kebahagiaan. Meskipun dapat dilakukan oleh siapa saja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin terjun ke bidang kerelawanan ini.

Pilih Dengan Bijak
Program seperti apa yang akan kamu ikuti sebagai relawan? Isu apa yang ingin kamu bantu selesaikan?

Jika kamu belum bisa menjawan kedua pertanyaan tersebut tapi sudah memiliki tekad yang kuat untuk menjadi seorang relawan, lakukan riset berbagai program yang tersedia. Ini bukan hanya tentang memilih pekerjaan yang lebih kamu sukai atau tidak, melainkan tentang apa yang mereka butuhkan dan kamu bisa berikan. Akan lebih baik jika kamu menjadi relawan sesuai dengan bidang yang kamu kuasai atau sesuai dengan passion-mu agar kamu dapat bekerja secara maksimal. Program yang ada tersendiri bermacam-macam, kok. Mulai dari relawan di konservasi flora dan fauna sampai pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Memperluas networking
Jika ingin mendapatkan banyak informasi tentang menjadi relawan, tentu saja kamu harus mencari dari orang-orang yang sudah memiliki pengalaman menjadi relawan sebelumnya. Semakin luas networking kamu dengan para relawan, maka akan semakin banyak kamu mengetahui berbagai informasi tentang kesempatan menjadi relawan. Belajar dari yang sudah lebih berpengalaman sangat penting agar kamu tidak kaget ketika nantinya terjun langsung menjadi relawan.

Kamu juga bisa mendengar cerita tentang berbagai pengalaman menjadi relawan yang akan lebih menginspirasi kamu dan menambah semangat kamu. Di luar dari itu semua, tentu saja memperluas networking pasti sewaktu-waktu akan berguna.

Lakukan dengan senang hati
Menjadi relawan tidak seperti pekerjaan lainnya, kamu harus mengeluarkan tenaga dan waktumu tanpa mengharapkan balasan secara finansial. Maka dari itu, saat memutuskan menjadi relawan, kamu harus memastikan bahwa kamu dengan senang hati melakukannya. Tidak mudah tentunya memberikan waktu dan tenaga kamu yang berharga secara cuma-cuma, tanpa mendapatkan balasan yang nyata.

Kamu juga akan merasakan sendiri jika sudah menjalaninya. Kamu akan sadar bahwa pengalaman dan perasaan bahagia yang kamu dapat ketika menjadi relawan yang membantu makhluk hidup lainnya ternyata lebih berharga daripada sekedar materi. Tentunya kamu juga akan lebih mengerti bagaimana cara memaknai hidup.

Siap dengan hal baru

@lets_share.id

Jika ingin menjadi relawan yang hebat, kamu harus selalu siap untuk mempelajari hal baru. Benar memang jika kamu harus memilih dengan bijak program relawan seperti apa yang harus kamu pilih, tapi bukan berarti kamu tidak membuka diri untuk belajar hal baru. Tapi jika kamu diberi kesempatan juga untuk belajar, tidak ada alasan untuk tidak mengambil kesempatan tersebut, bukan?

Contohnya seperti jika ada kesempatan untuk menjadi relawan hingga ke luar negeri. Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan karena kendala berbahasa, karena kemampuan bahasa adalah satu hal yang dapat dipelajari oleh siapa saja.  Atau, jika kamu mendapatkan kesempatan menjadi relawan untuk konservasi flora dan fauna dan mengharuskan kamu untuk tinggal di hutan sekalipun kamu belum pernah melakukannya. Tidak ada salahnya kan belajar bagaimana bertahan di alam bebas? Yang jelas, jangan pernah lewatkan kesempatan yang datang padamu hanya karena kamu takut mempelajari hal baru!

Ajak teman dan keluargamu

https://www.instagram.com/p/BiB9dyXla1g/?taken-by=upnvy
@iupnvybalikpapan
Setelah mencoba untuk menjadi relawan, sekarang giliran kamu mengajak orang lain untuk terlibat. Mulai saja dari orang-orang dekat di sekitarmu yaitu teman dan juga keluarga. Kamu bisa bercerita tentang segala hal yang kamu lewati sebagai seorang relawan, tentang bagaimana rasanya jika dapat mambantu sesama dan juga tentang dampak baik apa yang terjadi pada pihak yang di tolong. Semakin banyak orang yang bisa kamu ajak, makan akan semakin baik.

Jadilah diri sendiri
Hal yang tidak kalah penting ketika menjadi seorang relawan adalah kamu harus menjadi diri sendiri. Buatlah dirimu senyaman mungkin dan jangan merasa canggung ataupun malu. Tunjukkan ketertarikan dan semangatmu. Bawalah energi yang positif karena itulah yang harus kamu tularkan pada semua yang ada disekitarmu. Jangan menutup diri dan tunjukkanlah bahwa kamu adalah seseorang yang sedang ingin mempelajari hal baru, Tidak usah ragu untuk menanyakan hal-hal yang membuatmu penasaran.

Ingat tujuanmu


https://www.instagram.com/p/BhMByFilbV-/?taken-by=upnvy

Dalam perjalananmu menjadi seorang relawan, pasti banyak hal yang akan memengaruhimu, baik dari faktor eksternal maupun internal dari dalam diri sendiri. Ketika banyak hal datang dan membuat kamu ragu, cobalah untuk mengingat kembali apa tujuan awalmu memilih menjadi relawan. Jika kamu sudah menemukan tujuan awalmu, kamu juga seharusnya bisa mendapatkan kembali semangatmu seperti di awal melakukannya.

Menjadi relawan mungkin saja bukan merupakan hal yang mudah, tapi jika kamu memiliki tujuan, tentu kamu tidak akan berhenti begitu saja sebelum mencapai tujuan tersebut. Kamu juga pasti tahu bahwa setiap pencapaian membutuhkan proses dan satu atau dua halangan tidak bisa menjadi alasan untuk mencapai tujuanmu.

Sangat membahagiakan memang jika bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lain atau bahkan makhluk hidup lainnya. Menjadi relawan juga bisa menjadi langkah kecil kamu untuk mengubah dunia, lho. Kalau tidak percaya, mulailah menjadi relawan dan lihat apa yang akan kamu dapatkan!

 

 

 


Sumber : glints.id

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya