Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

2 Mahasiswa UPNVY Juara di Event COMMINFEST

Posted at 15 May 2018 on PRESTASI by Kontributor

Gelaran COMMINFEST (Communication Interest Festival) oleh Universitas Atmajaya Yogyakarta bulan April hingga awal Mei kemarin, mengantarkan 2 mahasiswa UPNVY sebagai jawara. Ialah Lucia Yuriko (Komunikasi 2016) meraih juara 1 Artriwara – Feature Writing Competition dan Alkautsar Halim (Manajemen 2016) sebagai juara 2 RAC - Radio Announcer Competition.

Berbagai gelaran lomba ranah komunikasi antara lain lomba PR, penyiar radio, penulisan feature, advertising, dan video. 2 mahasiswa UPNVY tersebut awalnya tidak menyangka akan menyabet gelar juara lantaran kompetisi ini terbuka dan diikuti oleh berbagai mahasiswa se-Indonesia.

Tema kompetisi yaitu “Bridging The Diversity” diturunkan lagi menjadi beberapa sub tema yang berbeda di setiap lomba. Dalam mata lomba penulisan feature, dituturkan Lucia bahwa memakan proses yang cukup panjang. “Pertama kita harus bisa menerjemahkan arti temanya, kemudian eksplorasi ide. Untuk itu saya minta bantuan dari dosen dan kemudian observasi lapangan untuk wawancara beberapa narasumber. Kebetulan saya mengambil tempat di Kulonprogo sehingga harus rela bolak balik lumayan jauh. Setelah itu mengolah tulisan, dengan minta bantuan koreksi dari dosen juga. Setelah lolos final kemudian kita presentasi,” ujar.

Tulisan feature yang mengantarkan Lucia juara adalah mengenai sebuah desa wisata di Kulonprogo yang sukses menyejahterakan satu desa. Tulisan feature adalah tulisan yang fokus pada cerita seorang tokoh atau satu objek tertentu. Para peserta yang lolos final kemudian presentasi di hadapan para juri.

Lain dengan Lucia yang berlomba sendirian, Halim justru diharuskan menjadi penyiar radio berpasangan. Kesukaannya pada dunia radio membuat Halim bercita-cita menjadi penyiar radio dan rajin mendengarkan radio setiap hari. Perlombaan ini merupakan simulasi siaran dari awal hingga akhir. Mulai dari mengerjakan materi, membawakan materi, hingga closing.

“Saya memang suka ngomong dan suka didengarkan. Dari SMA sudah sering ikut lomba penyiar tapi belum pernah menang, alhamdullilah sekarang dapat,” ujar mahasiswa asal Jogja tersebut.

Strategi Halim yaitu memperbanyak mendengarkan radio dan memiliki role model. “Pertama cari penyiar yang klik dengan kita. Kalau sudah ketemu, tirulah penyiar tersebut. Seiiring jam terbang nanti personality kita akan muncul sendiri. Yang paling penting adalah perbanyak wawasan,” pesannya untuk para calon penyiar radio. Kendala bagi Halim kemarin adalah menyesuaikan waktu dan menyamakan pikiran dari partnernya yang berasal dari UGM.

Harapannya kedua mahasiswa UPNVY tersebut dapat memotivasi mahasiswa lainnya agar berprestasi dan membawa nama baik UPN. Selamat berprestasi!

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya