Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Ini Caranya Agar Hari Pertama Kerja Kamu Mengesankan dan Menyenangkan

Posted at 11 April 2018 on PENGEMBANGAN DIRI by Redaksi

Setelah penantian panjang, lamar pekerjaan sana sini, wawancara kerja, ikut psikotest dan gagal berkali-kali. Akhirnya kamu berhasil dan mendapatkan kantor yang diinginkan. Tentunya ini menjadi hal yang sangat mengembirakan dan pastinya kamu ingin membuat kesan yang menyenangkan saat hari pertama kerja.

Walaupun menyenangkan, kamu juga akan dilkamu rasa canggung saat hari pertama kerja. Rasa canggung muncul dimana kamu mendapatkan dan menghadapi teman-teman kerja yang baru, ingkungan baru, ruangan baru, bos baru dan masih banyak yang baru lainnya.

Untuk mengatasi rasa canggung dan ingin membuat hari pertama kerja menyenangkan, kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.

Jangan sampai terlambat kerja

Kebiasaan sering terlambat saat di kantor yang dulu, jangan dibawa sampai ke kantor. terlebih saat hari pertama masuk kerja. Jika sampai terlambat, image kamu akan rusak, tentunya akan mengurangi penilaian dan HR akan berpikir ulang untuk pengangkatan kamu sebagai karyawan tetap. Maka dari itu, untuk menjadikan hari pertama kerja kamu berkesan, usahakan datang setidaknya 30 menit sebelum jam kerja dimulai. Dalam rentan waktu itu, kamu bisa mengatur dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari pertama kerja.

Berpenampilan yang sewajarnya

Biasanya yang sering menjadi kendala saat hari pertama kerja yaitu pakaian yang akan dikenakan. Banyak fresh graduate yang baru saja bekerja takut memakai pakaian yang salah ketika hari pertama kamu bekerja. Salah berpakaian saja, kamu bisa menjadi buah bibir pembicaraan di hari pertama masuk kerja. maka dari itu, gunakan pakaian dan berpenampilnya sewajar orang bekerja. Seperti hindari memakan alas kaki non-formal yaitu sepatu olah raga ataupun skamul. Maka, gunakan alas kaki yang formal untuk memberikan kesan yang rapi dan penampilan yang professional.

Bagi wanita, jangan sampai tidak berdkamun atau berdkamun yang berlebihan. Maka, gunakan tata rias yang sewajarnya. Untuk penggunakan pakaian juga perlu diperhatikan, jangan sampai kamu memakai kaos dan celana jeans.

Berbaur saat makan siang

Jam makan siang telah tiba. Tidak ada salahnya jika saat makan siang, kamu berbaur bersama dengan rekan kerja lainnya. Saat makan siang, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengobrol banyak hal dan berkesempatan untuk membangun pertemanan dan tim kerja yang solid baik saat di dalam maupun di luar kantor.

Jangan malu dan takut untuk bertanya

Jika kamu mendapati kesulitan atay ada pekerjaan yang tidak dipahami, jangan malu dan takut untuk bertanya kepada rekan kerja senior atau atasan di kantor. kamu bisa melakukan diskusi kepada atasan untuk mendapatkan solusi bersama mengenai pekerjaan tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu terhindar dari kesalahan fatal, mendapatkan kepercayaan diri untuk terus belajar dan tanggung jawab atas pekerjaan.

Ikut kumpul bareng setelah jam pulang kantor

Cara yang lebih efektif untuk kumpul bersama rekan kerja, selain jam makan siang adalah setelah jam pulang kantor. Walaupun tidak rutin dilakukan, biasannya setelah pulang kantor akan ada kegiatan lain seperti minum kopi, nonton film bersama di bioskop dan untuk pria akan olahraga bareng seperti main basket atau futsal. Nah, kamu bisa manfaatkan kegiatan ini untuk membangun kemistri dan lebih akrab dengan rekan kerja lainnya.


Sumber : Karir.com

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya