Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Peneliti IPB Hasilkan Kolagen dari Kulit Ikan Baronang

Posted at 19 March 2018 on PRESTASI by Redaksi
Foto: Youtube

Tim peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian tentang kolagen dari kulit ikan baronang. Penelitian yang menjadi bagian dari Penelitian Institusi Kemristekdikti RI ini dilakukan oleh Dr. Mala Nurilmala, Prof. Dr. Nurjanah, dan Novalia Eka Putri dari Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP) IPB.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ternyata kolagen yang dihasilkan kulit ikan baronang mengandung asam amino utama, seperti glisin, prolin, arginin dan alanin.

“Jenis ikan lain juga dapat mengandung kolagen. Biasanya kolagen banyak terkandung di dalam kulit, semakin tebal kulit ikan maka kolagen yang terkandung semakin banyak. Ikan lainnya yang telah diteliti kandungan kolagennya yaitu ikan patin, nila merah, tuna, kakap merah, kakak tua,” jelas tim peneliti seperti dilansir dari laman IPB, Sabtu (17/3/2018).

Kolagen merupakan bagian protein dengan jumlah paling banyak terdapat dalam tubuh makhluk hidup, yakni sekitar 30% dari total protein keseluruhan. Kolagen banyak digunakan di bidang biomedis, kosmetik, dan juga pangan. Pada bidang biomedis kolagen digunakan sebagai sistem penghantar obat, implan, regenerasi dalam penggantian jaringan tulang, kontrasepsi, oksigenator membran, dan agen homeostatis. Pada bidang kosmetik, kolagen digunakan sebagai pencegah penuaan dini (antiaging). Sedangkan dalam bidang pangan, kolagen banyak digunakan sebagai bahan pengemulsi.

Kolagen dari kulit ikan dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kolagen karena selama ini kolagen hanya dihasilkan dari kulit sapi atau babi sehingga banyak keterbatasan penggunaan dari segi agama.

Saat ini Ikan baronang sudah banyak dibudidayakan sehingga lebih mudah didapatkan. Ikan baronang juga tergolong ikan besar dan dapat dijadikan ikan fillet yang limbah kulitnya dapat dimanfaatkan untuk sumber kolagen.

(sus)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya