Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Ajakan Menjaga Keutuhan NKRI Melalui Sikap Bela Negara

Posted at 14 March 2018 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau yang memiliki ciri khas masing-masing. Kekayaan budaya Indonesia yang meliputi suku, agama, ras, kesenian, adat istiadat, dan lain lain, jika tidak dijaga dengan baik justru dapat menjadi bumerang untuk menghancurkan bangsa. Seminar Nasional bertajuk “Mewujudkan Sikap Bela Negara dan Menjaga Nilai-Nilai Pancasila dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI” digelar sebagai ranah diskusi di kampus bela negara, UPN “Veteran” Yogyakarta, Sabtu (10/03/2018).

Hadir sebagai pembicara yaitu Agus Surata (ketua GHARBA), Imron R.Rawie. M. Hum (Pengasuh Ponpes Miftahul Umum Yogyakarta), KH. Ahmad Muzammil (Ketua Gerakan NKRI)), dan Lestanta Budiman (Dosen Pancasila UPN). Acara ini hadir untuk mengajak pemuda peduli terhadap NKRI demi memerangi maraknya kasus radikalisme dan intoleransi di Yogyakarta akhir-akhir ini. Selain itu juga bertujuan untuk memberi informasi bahwa Yogyakarta masih menjadi tempat yang layak untuk ditinggali sesuai slogan “Yogya berhati nyaman”.

Dituturkan Imron, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengetahui dan menguatkan identitas diri agar tidak mudah goyah. “Kini marak politik identitas. Itu memang tidak salah tapi kualitas demokrasinya rendah. Identitas memang butuh pengakuan,” ujarnya di Ruang Seminar Fakultas Pertanian UPN. Hal lain yang disampaikan adalah untuk meningkatkan kewaspadaan karena sedang dihadapkan 2 perang, perang antar golongan kebangsaan dan golongan agama. Hal ini akan jelas terlihat tahun 2019 mendatang, saat tahun politik.

Dok. Cozer

Lebih lanjut, Ahmad Muzammil menekankan pentingnya sikap bela negara dalam menghadapi tantangan radikalisasi dan materialisasi agama, contohnya isu gerakan membela agama. “Radikalisasi agama itu akarnya dari materialisasi agama. Pemahaman agama yang dari materinya saja, misalnya jihad membela agama yang sempit pengertiannya. Yang harus kita bela itu salah satunya bela negara, karena itu berarti mencinta alam dan ciptaanNya juga,” jelasnya.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya