Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Rekor MURI, Mapala UPN Hiasi 1500 Bambu Runcing di Monjali

Posted at 14 March 2018 on PRESTASI by Lucia Yuriko
Dok. Cozer

Peringatan Serangan Oemoem (SO) 1 Maret terlihat berbeda di Monumen Jogja Kembali (Monjali). Pasalnya, terdapat 1500 bambu runcing yang menghiasi monumen yang berupa museum sejarah perjuangan kemerdekaan RI tersebut. Bambu runcing berhiaskan bendera merah putih tersebut dipasang oleh tim Mapala UPN yang dibantu relawan masyarakat.

1500 bambu melambangkan 1500 pejuang yang berjuang membuktikan kepada dunia, bahwa TNI dan NKRI masih ada. Acara ini juga dihadiri beberapa veteran pejuang SO 1 Maret yang datang dengan kostum pejuang berhiaskan janur kuning. Bupati Sleman Sri Purnomo, yang bertindak sebagai inspektur upacara, menancapkan bambu runcing terakhir untuk menggenapi jumlahnya. Setelah upacara selesai, diadakan seremonial penyerahan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Proses pemasangan memakan waktu 8 hari terhitung sejak 21 Februari 2017. “Pemasangan ada di 3 lokasi. Di kolam, sekitar Monjali, dan di kerucut Monjali. Teknik pemasangan untuk dibawah kita dibantu tukang untuk merakit sedangkan yang memasang dan menyusun dari kami. Di kerucutnya kami mengikat dan menyusun per 10 bambu untuk mengelilingi,” ujar Andy Ichwan wakil ketua Mapala UPN.

Rekor MURI, Mapala UPN Hiasi 1500 Bambu Runcing di Monjali

Pemasangan ini melibatkan 30 orang anggota Mapala UPN (tim panjat tebing, arung jeram, dan kayak) sebagai tim teknis serta tim Monjali. Dikatakan Andy, tidak ada pelatihan khusus bagi tim Mapala karena sudah terbiasa. “Mungkin kendalanya adalah cuaca. Sempat ada hujan petir yang membuat pemasangan jadi lama,” tambah Andy,

Pemilihan Monjali sebagai lokasi karena merupakan lokasi bersejarah perjuangan bangsa. “Awal mula Monjali dibangun juga sebagai peringatan tarik mundur Belanda dari Indonesia setelah SO 1 Maret,” jelas Andy. Sebelumnya Mapala UPN telah beberapa kali mengadakan acara di Monjali seperti peringatan HUT Monjali tahun 2016 dan 2017.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya