Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Ternyata Ikan Dori Yang Sering Kalian Makan Adalah Ikan Patin

Posted at 13 March 2018 on ARTIKEL by Yudi Kobo
foto : makankenyangsite.wordpress.com

Sebagian dari kamu yang biasa makan di restoran menengah keatas pernah mendengar ikan dori atau pernah ke food street terjangkau bagi kaum milenials F*sh S**.

Namun tahukah kamu bahwa ikan dori adalah ikan patin. Nama dori di dapat dari Vietnam dan merupakan strategi dagang saja. Jadi  dori sebenarnya adalah nama merk. Dori seakan - akan naik kelas jadi ikan mahal semata - mata untuk taktik dan strategi pemasaran yang cerdas bahkan merk dori ini di ekspor ke negara bagian AS dan Uni Eropa. Banyak yang mengira bahwa ikan ini adalah ikan laut, padahal dori adalah ikan patin yang hidup di air tawar.

Cukup mencengangkan bukan bahkan beberapa restoran berkelas atas masih mengimpor ikan dori ini untuk memberikan makanan yang berkualitas. Salah satu makanan yang banyak digemari adalah ikan dori goreng tepung. Ikan ini banyak diminati dan disukai oleh masyarakat di perkotaan.

ILUSTRASI_IKAN_PATIN

Gambar : Ikan Patin

Mungkin tidak banyak yang mengira bahwa ikan patin adalah ikan dori (merk) . Namun banyak pula yang merasakan bahwa ikan dori ini lebih enak dari pada ikan patin. Yah itu semua ditentukan oleh cara pembudidayaan dari ikan tersebut. Jika Ikan tersebut dibudayakan dengan sangat baik dan juga memperhatikan lingkungan tempat tinggal serta makanan yang diberikan, tentunya dapat menghasilkan ikan patin yang berkualitas tinggi .

Makanan Ikan dori yang paling diminati dan sering di temu di restoran Ikan dori (merk) adalah  goreng tepung. Ikan ini di masak dengan cara khusus dan menggunakan bumbu yang lezat sehingga dihasilkan ikan dori yang sangat lezat.

Namun bagi kamu yang belum mengeatahuinya ikan dori sebenarnya adalah ikan patin. Ikan ini sangat banyak ada di Indonesia. Orang banyak yang mengira bahwa ikan dori adalah ikan laut kedalaman yang berasal dari luar Indonesia.

Memang kebanyakan ikan yang dijual di restoran menengah ke atas itu adalah ikan dori alias ikan patin yang dimpor dari Indonesia. Daging dari ikan dori ini sangatlah empuk dan lezat. Di Indonesia ini tampaknya pembudidayaan ikan patin sendiri masih kurang baik. Sehingga Ikan patin yang ada di Indonesia kurang diminati karena lingkungan hidupnya yang meyerupai ikan lele.

Banyak yang mengatakan bahwa ikan dori dari Vietnam ini lebih enak dari pada ikan patin. Itu semua ditentukan oleh cara pembudidayaan dari ikan tersebut.

Namun Ikan dori (merk) dari negara asal Vietnam ini adalah ikan yang sangat bergizi. Mengandung berbagai zat nutrisi dan juga vitamin yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh. Terlebih lagi untuk anak – anak dan balita. Bagi anak - anak dan balita yang sedang membutuhkan banyak asupan untuk pertumbuhan dan perkembangan sangat baik sekali mengkonsumsi ikan dori ini. namun tepat kalah dengan iklan John Dori Lau asli.

 

ILUSTRASI_IKAN_PATIN3

Gambar : Perbandingan ikan John dory (Ikan laut) dengan Ikan Patin

Ikan ini lebih murah dibanding ikan salmon, namun soal rasa dan nutrisi yang ada di ikan dori hampir sama dengan ikan tersebut.

Semoga tulisan singkat ini  jadi masukan buat pembudidaya ikan patin lokal untuk lebih maju supaya bisa bersaing dengan vietnam dalam pasar ikan dori alias patin.


Sumber : Berbagai sumber

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya