Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Adhikari Energy Bawa Nama UPNVY, Juara 1 EPFEST di ITB

Posted at 12 March 2018 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko
Adhikari Energy Bawa Nama UPN, Juara 1 EPFEST di ITB 3

Gelaran kompetisi IPFEST oleh ITB pada 23-24 Februari 2018 kemarin, berhasil membawa nama tim UPNVY sebagai juara pertama Plan of Development (POD) Competition. Tim Adhikari Energy beranggotakan Irfan Maulana, Fabiola Lady K, Adam Farizi, dan Laily Q dari jurusan Teknik Perminyakan 2014, serta Priyo Hutomo dari jurusan Teknik Geologi 2014.

Tim yang terbentuk sejak 2017 ini sebelumnya dipertemukan lewat kompetisi RAISE yang digelar IATMI SM UPNVY. Dalam gelaran RAISE, tim ini juga mengikuti lomba POD dan mendapatkan juara 1. Melalui kompetisi yang diikuti berbagai universitas tersebut, HMTM UPNVY mendapatkan informasi mengenai perlombaan IPFEST dari teman-teman ITB. Selanjutnya, HMTM mengadakan seleksi dan mereka kembali terpilih menjadi 1 tim. Ditambahkan Fabiola, masing-masing anggota tim memang sudah memiliki ketertarikan dengan Plan of Development (POD).

“Lomba POD merupakan kompetisi pengembangan lapangan migas dari eksplorasi hingga abandonment. Diberikan waktu 1 bulan untuk perencanaan skenario, pengembangan lapangan, dan mengirim report ke panitia. Di hari H kami tinggal presentasi report tersebut,” terang Laily.

Cerita unik datang dari Priyo yang merupakan satu-satunya anggota dari Teknik Geologi. Bagi Priyo, perlombaan ini justru melatih kerja sama karena saat di dunia kerja nanti pasti akan bertemu dengan orang-orang dari disiplin ilmu berbeda. “Untuk teman-teman yang ingin mendalami industri migas disarankan ikut lomba ini. Bagi anak geologi harus kuat di basic geologi minyak bumi karena benar-benar terpakai di POD terutama mengenai modelling geological. Konsep geologi, sedimentologi, dan penguasaan software juga harus kuat,” paparnya.

Kendala mereka dalam mengikuti kompetisi yang diikuti antar universitas di Indonesia dan Malaysia tersebut adalah manajemen waktu. “Kami sedang sibuk menggarap tugas akhir. Setelah siang hari kuliah, kami baru bisa bekerja dari malam hingga subuh. Selain itu data-data juga terbatas karena data dari negara lain jadi harus pandai-pandai merekonstruksi data,” cerita Adam saat ditemui bersama teman-temannya selepas kuliah.

Setelah 1 bulan menghadapi berbagai kendala yang ada, kemenangan Adhikari Energy tidak terlepas dari bimbingan para dosen yang membantu membenahi report dan presentasi. Tim ini pun terbuka bagi adik-adik yang ingin mengikuti perlombaan serupa, karena ini merupakan perlombaan terakhir mereka demi mengejar lulus tepat waktu. “Untuk teman-teman UPNVY, kesempatan ada banyak. Hampir setiap bulan ada perlombaan. Harus berani mencoba, jangan minder, dan jangan mudah menyerah,” pesan Irfan sang ketua tim. (Lucia Yuriko)

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya