Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

4 Perlombaan Panas Antara Universitas di OGIP 2018

Posted at 29 January 2018 on SEPUTAR KAMPUS by Lucia Yuriko

Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2018 telah memasuki tahun ke-8. Acara tahunan besutan Teknik Perminyakan ini mengusung 4 perlombaan yaitu International Smart Competition, International Oil Rig Design Competition, Plan of Development Competition, dan International Paper Competition. Rangkaian acara ini telah berlangsung dari awal Januari hingga puncaknya 25 Januari 2018.

Kompetisi ini total diikuti sebanyak 135 mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Termasuk perwakilan dari UCSI dan UTM Malaysia. “Tujuannya adalah untuk menjembatani apa yang telah dipelajari di perkuliahan dengan actual case di perusahaan dan bertemu langsung dengan para praktisi,” ujar Prajna Putra Triastika sang ketua.

Dalam International Smart Competition, para peserta yang dibagi dalam kelompok berdasarkan universitasnya, berusaha menjawab soal-soal yang dibacakan oleh moderator dengan adu kecepatan. Kelompok yang menekan bel paling cepat disertai dengan jawaban yang benar akan mendapatkan poin, sebaliknya kelompok yang tergesa-gesa menekan bel dengan jawaban yang salah akan kehilangan point. Para pemenang yang telah lolos di babak awal dan berhasil memasuki semifinal yaitu kelompok UPN A, ITB B, dan STEM A. Babak kedua ditambah dengan jackpot question yang mengharuskan setiap kelompok bertaruh poin untuk menjawab 6 pertanyaan. Pertandingan ini berakhir dengan UPN A keluar sebagai juara dengan 121 poin.

Di ruangan lain, International Oil Rig Design Competition berlangsung dengan tak kalah panasnya. Antar kelompok berusaha beradu kreativitas dengan membuat maket rig yang mendekati aslinya. Perlu inovasi dan ketelitian yang tinggi serta teknik presentasi yang dapat meyakinkan dewan juri. 2 perlombaan lain juga berlangsung dengan tak kalah hebatnya.

OGIP tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya lantaran lebih objektif dan menggunakan case yang actual seperti di dunia kerja. “Juri yang digunakan murni dari luar dan kami hanya menyediakan 1 slot dewan juri dari UPN untuk setiap lombanya. Bagi mahasiswa UPN yang akan ikut juga kami seleksi terlebih dahulu,” terang Trias.

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya