Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Mural-mural Banksy di Jalur Gaza

Posted at 16 December 2017 on ARTIKEL by Redaksi
1 Sebuah mural terlihat di sisa-sisa rumah yang dihancurkan oleh tembakan Israel selama perang 50 hari musim panas lalu di Beit Hanoun di Jalur Gaza utara. (Reuters-Suhaib Salem)

Mural-mural Banksy sejak 2015 sudah bisa ditemukan di Jalur Gaza.

Seniman tersebut, yang menggunakan ruang publik untuk muralnya yang seringkali provokatif, mengunggah foto-foto mural yang diklaimnya sebagai seni yang dia ciptakan di Jalur Gaza, bersamaan dengan video kehidupan selama dua menit di wilayah Palestina, yang berjudul “Jadikan ini tahun ANDA, temukan tujuan baru,” sekitar tahun 2015 lalu.

Berikut adalah beberapa mural, yang juga dapat kalian lihat di situs Banksy sendiri.

2 Sebuah mural di dinding Beit Hanoun. (Reuters-Suhaib Salem)

Banksy menulis tentang gambar ini: “Seorang pria lokal datang dan berkata ‘Tolong beritahuapa artinya ini?’ Saya menjelaskan bahwa saya ingin menyoroti kehancuran di Gaza dengan memasang foto di situs sayatapi di internet orang hanya melihat gambar anak kucing.”

Dan di situsnya, dia menulis tentang mural di bawah ini: “Gaza sering digambarkan sebagai ‘penjara terbuka terbesar di dunia’ karena tidak ada yang diizinkan masuk atau keluar. Tapi itu tampaknya tidak adil, karena di penjara sungguhanapakah listrik dan air minum mereka terputus hampir setiap hari?”

Banksy dikenal karena seni bertemakan politiknya yang sering provokatif. Dan gambar-gambar ini, dan video yang menyertai artikel ini, Banksy cenderung memiliki pendukung sekaligus pencela karena Israel dan Palestina tengah menghadapi dampak pertempuran beberapa tahun lalu antara Hamas, yang bermukim di Gaza, dan Israel yang juga berada di wilayah tersebut.

3 Mural Banksy yang lainnya di Jalur Gaza. (Instagram banksy)

Video berdurasi dua menit disertai caption yang berbunyi: “Jika kita mencuci tangan dari konflik antara pihak yang berkuasa dan pihak yang tidak berdaya, dan kita memihak pihak yang kuat—kita tidak bisa tetap netral.”

Artis tersebut juga memasang salah satu mural di Gaza di Instagram:

Seorang humas untuk artis tersebut, yang identitasnya tidak diketahui, mengeluarkan sebuah pernyataan kepada The New York Times tahun 2015 yang mengatakan:

“Saya tidak ingin memihak, tetapi ketika Anda melihat seluruh lingkungan di pinggiran kota berkurang menjadi puing tanpa harapan masa depan—apa yang sebenarnya Anda lihat adalah pusat perekrutan luar ruangan yang luas bagi para teroris. Dan mungkin sebaiknya kita membahas hal ini demi kebaikan kita semua.”

Mural anak kucing yang tampak lucu, yang mungkin dicat oleh seniman jalanan Inggris Banksy, di sisa-sisa rumah yang oleh saksi mata dihancurkan oleh tembakan Israel. (Reuters)

Karya Banksy sebelumnya pernah muncul di Tepi Barat dan di beberapa bagian dunia yang lain, termasuk di negara asalnya di Inggris.


Sumber : NPR

KOMENTAR
Log In untuk menambahkan komentar
Belum ada komentar
Baca Lainnya