Bagaimana Cara Menonaktifkan Akun Facebook, dan Mengaktifkannya Kembali

Tech Sains
04 December 2017
Foto : Shutterstock
Foto : Shutterstock

Todd Haselton, seorang jurnalis Amerika, baru saja menonaktifkan akun Facebook-nya. Menurut dia, apa yang ditawarkan Facebook sudah tak menarik lagi. Kalau kalian berpikir hal yang sama dengan Todd, kalian juga bisa menonaktifkan alias menghapus akun Facebook kalian—begini caranya, seperti yang diungkapkan Todd.

Saya baru saja menonaktifkan akun Facebook saya.

Itu bukan keputusan yang cepat, tapi dengan beberapa kejadian belakangan ini, seperti bagaimana orang-orang Rusia menggunakan platform tersebut untuk menyebarkan iklan yang ditargetkan, untuk mengobok-obok dunia politik Amerika selama pemilihan presiden terakhir (Rusia dituding menggunakan Facebook untuk membantu memenangkan Donald Trump), akhirnya saya memutuskan begitu.

Saya juga menyadari bahwa produk ini bukan lagi produk yang saya sukai—yang dahulu sangat berguna bagi saya saat duduk di perguruan tinggi, untuk mengetahui lebih banyak tentang teman yang saya temui di kampus, dan apakah kami sekelas.

Sebagai gantinya, kini Facebook nampak lebih seperti ‘kubangan’ opini politik, meme dan kartun yang tidak menarik bagi saya, dan cuplikan video yang tidak saya minati. Facebook sudah menyimpang dari situs pertemanan menjadi opsi yang menawarkan opini dan hiburan random, bukan lagi tempat untuk terhubung dengan orang lain.

Dengan menghapus akun Facebook saya, memang beberapa hal yang akan saya lewatkan. Saya tahu Facebook berguna untuk mengelola kehidupan sosial saya, terutama terkait undangan untuk menghadiri acara yang dihadiri teman Facebook lainnya. Saya bersedia merelakannya untuk saat ini, dan mungkin ini akan membantu saya belajar menjangkau orang secara lebih langsung, seperti melalui telepon, alih-alih dengan mengklik "like" cepat dalam sebuah posting, atau pesan “happy birthday” yang dikirim otomatis.

Jika kalian seperti saya dan ingin melakukan hal yang sama, berikut caranya:

Pilih menu drop-down di kanan atas halaman Facebook kalian, dan pilih pengaturan (“Settings”)

1 (CNBC-Todd Haselton)

 

Kalian akan melihat halaman dengan segala macam pengaturan. Kalian harus meluangkan waktu untuk menjelajahinya, bahkan jika kalian tidak berencana untuk menghapus akun Facebook kalian. Ada banyak hal yang dapat kalian pelajari tentang apa yang diketahui Facebook tentang kalian, seperti iklan yang pernah kalian klik.

Klik “General”

2 (CNBC-Todd Haselton)

 

Ini seharusnya menjadi halaman default yang kalian gunakan. Kabar baiknya adalah, kalian tidak perlu menggali menu untuk menonaktifkan akun kalian.

Pilih “Manage Account”

 

Letaknya di bagian paling bawah dari Halaman Pengaturan Akun Umum (General Account Settings Page). Cari entri, "modify your legacy contact settings or deactivate your account”—ubah setelan kontak lawas atau nonaktifkan akun Anda.

Klik "Deactivate your account"

 

Sekarang kalian akan menonaktifkan akun Facebook kalian. Ini berarti kalian tidak akan ada di akun teman, dan teman kalian tidak akan lagi melihat kalian sebagai pengguna aktif.

Namun, foto kalian yang telah diambil dan di-upload orang lain akan tetap ada.

Jelaskan mengapa

 

Facebook akan berusaha menjaga kalian tetap menjadi pengguna, mengatakan teman kalian akan merasa kehilangan (untuk privasi mereka, saya telah menghapus gambar yang menunjukkan teman saya dari posting ini). Kalian juga akan diminta untuk memasukkan alasan mengapa kalian memutuskan untuk menghapus akun. Klik “Deactivate”—Nonaktifkan.

Sudah yakin nih?

 

Facebook akan bertanya sekali lagi apakah kalian yakin ingin menghapus akun kalian. Jika ya, klik “Deactivate Now”—Nonaktifkan Sekarang—di pop up untuk terakhir kalinya.

Oke, selesai!

Sekarang kalian sudah selesai menghapus akun Facebook. Kalian akan kembali ke layar masuk Facebook.

Ingatlah bahwa ini akan menyingkirkan kalian dari jaringan sosial namun tidak akan menghentikan masalah, jika kalian memiliki kecanduan Facebook yang serius. Tetap saja kalian bisa kembali login, dan semuanya akan dipulihkan kembali.

Kalian juga harus tahu bahwa menonaktifkan akun Facebook tidak lantas menonaktifkan login Facebook kalian, atau menghapus kalian dari bank memori Facebook selamanya. Kalian tetap bisa menggunakan layanan Facebook lainnya seperti Instagram dan Facebook Messenger.

Selama akun Instagram kalian masih aktif, kalian juga mematuhi kebijakan privasi Instagram, yang memberinya hak untuk secara anonim melacak informasi pribadi, termasuk situs web yang kalian kunjungi, sehingga pengiklan dapat menargetkan kalian dengan lebih baik.

Ingin sesuatu yang lebih permanen? Kalian benar-benar bisa menghapus akun Facebook secara permanan dengan meminta langsung kepada Facebook.