Logo UPN Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Logo UPN UPNVY

Divaksin Sekali, Terlindungi dari Flu Seumur Hidup

Posted at 06 November 2017 on ARTIKEL by Redaksi
Eric Weaver (kanan), asisten profesor di Sekolah Ilmu Biologi, Brianna Bullard, mahasiswa pascasarjana bidang biologi, dan Amy Lingel, teknisi penelitian. (Universitas Nebraska-Lincoln)

Sebuah vaksin yang menggabungkan gen yang turun temurun terpusat dari empat turunan influenza utama tampaknya memberikan perlindungan luas terhadap penyakit berbahaya tersebut, menurut sebuah penelitian baru oleh sebuah tim dari Center for Virology Nebraska.

Tikus yang dilindungi oleh vaksin tidak konvensional bertahan dari paparan dosis mematikan tujuh dari sembilan virus influenza yang amat berbeda. Tikus-tikus yang diberi dosis vaksin yang lebih tinggi bahkan tidak sakit.

Sebaliknya, tikus yang mendapat suntikan flu biasa atau semprotan hidung semua sakit dan meninggal saat terkena virus yang sama. Patogen mematikan mampu menghindari respons kekebalan yang dipicu oleh vaksin tradisional.

Meskipun terlalu dini untuk mengatakan bahwa pendekatan tersebut dapat berhasil digunakan pada manusia, tampaknya ini adalah jalan yang menjanjikan menuju penampakan flu universal, menurut pimpinan peneliti Eric Weaver, asisten profesor di School of Biological Sciences di University of Nebraska -Lincoln.

Weaver mengatakan bahwa penelitian ini adalah yang pertama kali melaporkan apakah suatu suntikan flu universal dapat diciptakan dengan menggunakan kombinasi beberapa gen yang dibagi pada tingkat leluhur oleh strain flu yang beredar hari ini.

“Tujuan utamanya adalah agar satu kali vaksinasi bisa memberikan perlindungan seumur hidup,” kata Weaver.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa 40 juta orang Amerika terjangkit influenza selama musim flu 2015-16 dan 970.000 orang dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut. Badan tersebut memperkirakan bahwa vaksinasi mencegah sekitar 1,9 juta penyakit dan 67.000 rawat inap.

“Untuk memasukkan ini ke dalam istilah lain, program dan teknologi vaksin influenza kami saat ini mengurangi infeksi influenza dan rawat inap masing-masing sebesar 4,75 persen dan 6,9 persen,” kata Weaver. “Tidak ada keraguan bahwa ada kebutuhan akan teknologi vaksin yang lebih efektif.”

Namun karena virus influenza bermutasi dengan cepat dan karena manusia, hewan dan burung sering membawa virus tanpa menunjukkan gejala, sudah sulit untuk mengembangkan vaksin dengan efektivitas jangka panjang. Platform vaksin influenza konvensional menggunakan versi virus influenza yang melemah atau mati untuk merangsang kekebalan terhadap hemaglutinin (HA), protein berbentuk spike yang memanjang dari permukaan virus dan menyerang sel.

Menurut sebuah artikel Clinical Microbiology Reviews tahun 2013, tantangan pendekatan konvensional termasuk memprediksi strain flu yang akan beredar di tahun-tahun mendatang; membuat dan menyediakan persediaan yang aman, tepat waktu dan memadai; dan responsif yang buruk di antara orang tua, yang seringkali paling rentan terhadap infeksi influenza.

Vaksin konvensional telah terbukti kurang efektif 60 persen saat mereka berhasil disesuaikan dengan strain yang beredar saat ini. Mereka jauh kurang efektif bila tidak cocok.

“Vaksin influenza yang ideal seharusnya murah, memberikan kekebalan jangka panjang, memerlukan sedikit imunisasi dan akan bekerja melawan semua varian virus,” kata Weaver.

Beberapa ahli mengatakan bahwa diperlukan waktu hingga 2020 atau 2025 sebelum vaksin flu universal tersedia.

Mengejar vaksin influenza universal memang sulit. Para ilmuwan mencoba berbagai pendekatan untuk mencocokkan vaksin dengan beberapa jenis virus. Strategi lain termasuk mengembangkan vaksin yang ditujukan pada mantel protein virus, protein lain telah ditemukan identik pada banyak strain flu, atau tangkai protein hemaglutinin dan bukan pada kepalanya.

Pendekatan ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. Namun, Weaver mengatakan bahwa penelitiannya adalah yang pertama kalinya melaporkan penggunaan beberapa gen HA terpusat, yang diidentifikasi dengan menggunakan program analisis urutan protein, untuk memberikan tingkat kekebalan silang yang paling mungkin.

Dalam artikel yang diterbitkan 2 November di Scientific Reports, Weaver dan rekan-rekannya Amy Lingel dan Brianna L. Bullard memerinci sebuah pendekatan yang mereka gambarkan sebagai “terukur dan dapat diperuntukkan bagi manusia dan dapat memberikan dasar bagi kekebalan anti-influenza yang lengkap dan tahan lama.”

Gagasan itu muncul dari penelitian terdahulu yang dipimpin oleh Dr. Bette Korber di Laboratorium Nasional Los Alamos untuk menemukan gen turunan bagi Human Immunodeficiency Virus dan untuk mengetahui kapan virus tersebut berpindah dari monyet ke manusia. Weaver terlibat dengan usaha itu sementara seorang peneliti pasca doktor di Duke University School of Medicine. Dia dan rekan-rekannya memutuskan untuk mencoba konsep serupa dengan virus influenza, mensintesis gen yang penting bagi pohon filogenetik influenza.

Alih-alih menggunakan virus flu yang lemah atau mati, eksperimennya di Center for Virology di Nebraska telah menggunakan Adenovirus replikasi-cacat—yang menyebabkan flu biasa—yang telah diubah untuk membawa apa yang disebutnya gen konsensus untuk H1, H2, H3 dan H5 strain influenza. Vaksin ini tidak lagi mampu menyebabkan gejala dingin, namun masih bisa dengan aman mengantarkan gen vaksin influenza.

“Gagasan kami adalah bahwa antigen terpusat ini dapat membentuk dasar kekebalan terhadap influenza,” katanya. “Karena mereka terpusat dan mewakili semua strain secara setara, mereka bisa memberi dasar kekebalan terhadap semua jenis flu yang berkembang.”

Penelitian Weaver didanai oleh hibah National Institutes of Health.

Sumber : University of Nebraska-Lincoln